Paket Sewa mobil Jogja Pantai Kukup : Tanah Lot-nya Jogja

posted on 14 Apr 2016 09:56 by yosuaaprisilya in wisata

Pantai Kukup adalah sebuah pantai di antara ratusan pantai di Gunungkidul. Letak pantai ini adalah di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Dari Pantai Baron, pantai ini hanya berjarak sekitar satu kilometer sebelah timurnya.

Pantai Kukup memiliki karakteristik berpasir putih. Daerah lautnya cukup dangkal dan tenang, berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Gundukan terumbu karang membatasi daerah dangkal ini, seolah-olah menjadi batas alami. Karang-karang ini melindungi pantai dari terjangan ombak besar. Perjalanan anda akan lebih cepat dengan menggunakan sewa mobil jogja

Selain melindungi pantai dari ombak, terumbu karang tersebut menjadi atraksi unik sekaligus habitat bintang laut dan ikan hias laut. Saking banyaknya ikan hias, penduduk menyebut Pantai Kukup sebagai aquarium raksasa alami.

Pantai Kukup masih berair jernih, terutama di tempat-tempat yang terlindungi dari ombak laut. Di wilayah tersebut, wisatawan bisa mencari ikan hias. Jika air laut sedang surut, wisatawan bisa berjalan kaki hingga ke ujung pantai. Akan lebih aman jika anda menggunakan rental mobil jogja

Meskipun relatif aman dari ombak, wisatawan harus mewaspadai keberadaan landak laut dan bulu babi. Dua biota laut ini biasa menempati daerah-daerah dangkal yang jernih. Jika tidak sengaja menginjak keduanya dengan telanjang kaki, pengunjung bisa terinfeksi bahkan bisa berakibat fatal. Ubur-ubur juga sering terlihat berkeliaran di pantai ini. Ketiga hewan laut ini sangat berbahaya bagi manusia.

Adanya sebuah pulau karang di tengah laut menyebabkan Pantai Kukup mirip dengan Tanah Lot di Bali. Pulau tersebut diberi nama Pulau Jumino. Sebuah jembatan penyeberangan dibuat agar wisatawan bisa menyambangi Pulau Jumino. Jika anda menggunakan sewa mobil anda bisa meneruskan perjalanan ke pantai lainnya

Pengunjung bisa melihat-lihat pemandangan Pulau Jumino dari atas gardu pandang yang berada di pulau itu. Gardu ini sengaja dibuat agar wisatawan bisa leluasa melihat pemandangan pulau, laut, dan pantai.Gardu ini terletak di sebuah batu karang.

Wisatawan sering memanfaatkan gua-gua karang di sebelah barat Pantai Kukup untuk berteduh. Beberapa gua yang digenangi air menyimpan biota laut di dalamnya. Di sini, wisatawan bisa menikmati angin sejuk sepoi-sepoi.

Pengunjung bisa menangkap ikan hias yang berenang di “kubangan” di antara karang. Jika hanya ingin melihatnya tanpa susah-susah menangkap, ada penjaja ikan hias di sekitar pantai.

Fasilitas tambahan untuk para pengunjung adalah warung makan kaki lima. Di warung makan itu, wisatawan bisa mencicipi makanan khas Gunungkidul. Ada juga penjual buah tangan untuk oleh-oleh. Jika ingin bermalam, ada fasilitas penginapan yang bisa dimanfaatkan. Segera hubungi sewa mobil dan rental mobil jogja di website https://docar.co.id/

 

Comment

Comment:

Tweet